Quote of the Day

I'm going to bed before either of you come up with another clever idea to get us killed, or worse expelled. (Hermione Granger)

Harry Potter and the Sorcerer's Stone

Selasa, 26 April 2011

Expelliarmus


Mantra pertahanan ini diambil dari Bahasa Latin ‘expellere’ yang artinya mengeluarkan atau melepaskan dan ‘arma’ yang artinya senjata. Jadi, sesuai dengan artinya, Expelliarmus berfungsi untuk melucuti senjata lawan. Secara umum mantra ini mengeluarkan cahaya yang berwarna merah.
Mantra ini pertama kali digunakan oleh Severus Snape pada tahun kedua Harry di Hogwarts, lebih tepatnya pada saat Profesor Gilderoy Lockhart (Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam waktu itu) menjalankan klub duel untuk pertama kalinya. Secara tidak langsung, Snape telah mengajari Harry mantra yang pada akhirnya menjadi ciri khas Harry.

Namun, mantra ini bisa menimbulkan efek lain. Jika ada sekelompok orang yang menggunakan mantra ini untuk menyerang satu orang saja, maka orang yang diserang itu akan terangkat dari kakinya dan terlempar ke belakang oleh kuatnya mantra yang dimunculkan oleh sekelompok orang yang menyerangnya. Contohnya adalah pada saat Harry, Ron, dan Hermione menyerang Snape dengan mantra ini di Shrieking Shack (Gubuk Menjerit) pada tahun ketiga mereka di Hogwarts.

Expelliarmus merupakan salah satu mantra yang mudah namun memiliki perlawanan yang kuat. Hal ini bisa dilihat ketika Harry menggunakan mantra ini untuk diajarkan pertama kalinya kepada anggota Dumbledore’s Army (Laskar Dumbledore). Perlawanan yang kuat di sini maksudnya adalah mantra ini merupakan satu-satunya mantra yang digunakan untuk melawan salah satu dari tiga Kutukan Tak-Termaafkan, yaitu Kutukan Avada Kedavra.

Expelliarmus!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar